ANALISIS TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM DI INDONESIA

Authors

  • Zainuddin Zainuddin Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Abstract

Penelitian ini mendalami tentang analisis terhadap pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif Miles dan Huberman. Temuan dalam penelitian ini adalah: Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum telah mengalami pergeseran yang cukup signifikan. Ada nuansa integrasi antara mata kuliah Pendidikan Agama dengan mata kuliah lainnya. Dinamika ini telah melalui pergolakan berbagai kepentingan, baik kepentingan secara politik, sosial, budaya, ekonomi dan emosi (sentiment) keagamaan turut ikut serta di dalamnya. Jika proses pengajaran dan pendidikan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum terintegrasi secara kontekstual maka akan menghadirkan cendekiawan muda yang bukan hanya memiliki value, tetapi juga bermental spiritual yang dapat diandalkan untuk pembangunan masyarakat bahkan pembangunan peradaban manusia di masa yang akan datang.

Kata Kunci: Kurikulum, Karakter dan Velue

 

This research explores the analysis of Islamic religious education at public universities in Indonesia. This research was conducted using the Miles and Huberman qualitative method. The findings in this research are: Islamic religious education in public universities has experienced a significant shift. There is a nuance of integration between Religious Education courses and other courses. This dynamic has gone through the upheaval of various interests, including political, social, cultural, economic and religious emotions (sentiments). If the teaching and education process of Islamic Religious Education in Public Universities is contextually integrated, it will produce young scholars who not only have values, but also have a spiritual mentality that can be relied on for the development of society and even the development of human civilization in the future.

Downloads

Published

2023-12-21