ISLAMOPHOBIA; SUATU PELUANG DAN TANTANGAN

Authors

  • Fachruddin Azmi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatrera Utara Medan

Keywords:

Islamophobia, Intoleran, Religiusitas

Abstract

Islamophobia suatu yang natural tetapi bukan berarti tidak perlu dicermati dan diantisipasi. Dengan harga diri yang kuat mungkin tidak perlu khawatir dengan ketakutan pihak lain terhadap Islam. Tetapi tentu akan lebih bermartabat bila yang terkondisi itu adalah rasa segan dan hormat karena Islam dipersepsi membawa manfaat dan terbukti menjadi elan vital kemajuan peradaban. Tawaran strategi dari analisis TOWS dari hasil penelitian dapat dipakai sebagai dasar untuk membuat kebijakan dengan memadukan bentuk dan formula strategi yang teruji dari sejarah panjang Islam di dunia maupun khas Indonesia, perlu dijadikan pedoman semua pihak, sebaik apapun strategi yang ditawarkan tampa didukung platform visi dan misi yang jelas dan partisipasi menyeluruh semua komponen ummat berbarengan dengan kualitas SDM yang handal akan tidak produktif. Langkah yang bagus perlu interaksi sosial yang elegan adalah suatu pilihan cerdas dalam menata dan membangun peradaban yang lebih baik.

Abstract

Islamophobia is a natural thing but that doesn't mean it doesn't need to be observed and anticipated. With a strong self-esteem may not need to worry about the fear of others towards Islam. But of course it will be more dignified if the condition is a sense of shame and respect because Islam is perceived to bring benefits and is proven to be a vital element of the progress of civilization. The strategic offer from the TOWS analysis from the research results can be used as a basis for making policies by combining proven strategic forms and formulas from the long history of Islam in the world and unique to Indonesia. a clear and comprehensive participation of all components of the ummah together with the quality of reliable human resources will be unproductive. A good step that requires elegant social interaction is a smart choice in organizing and building a better civilization.

Author Biography

Fachruddin Azmi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatrera Utara Medan

Guru Besar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sumatrera Utara Medan, Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Sumatera Utara 20221, Indonesia. Ketua Dewan Pakar Bidang Hukum, Politik, Sosial dan Budaya, MD KAHMI Medan Sumatera Utara. Ketua Bidang Penelitian Pengkajian dan Pengembangan MUI Prov. Sumatera Utara

Downloads

Published

2022-08-15