KOMERSIALISASI PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Zainuddin Zainuddin Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  • M Rozali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Abstract

Abstrak: Artikel ini mengulas tentang komersialisasi pendidikan di Indonesia. Istilah komersialisasi pendidikan dapat dipergunakan pada dua hal yang berbeda. Lembaga pendidikan yang memiliki program dan sarana prasarana yang baik, dengan biaya pendidikan yang mahal sehingga hanya bisa dinikmati oleh kalangan kaya yang mampu secara ekonomi. Kemudian, lembaga pendidikan yang hanya mementingkan penarikan biaya pendidikan yang mahal, namun tidak memperhatikan peningkatan mutu pendidikan. Komersialisasi yang pertama didasarkan pada kebutuhan obyektif lembaga untuk mengembangkan proses pendidikan yang berkualitas, sedangkan yang kedua didasarkan pada nafsu serakah para pengelola pendidikan. Penyebabkan terjadinya komersialisasi pendidikan diantaranya: Politik, budaya, ekonomi, sosial, dan teknologi. Komersialisasi pendidikan ini juga akan memberikan dampak: masyarakat kalangan bawah tak mampu untuk merealisasikan keinginannya dikarenakan biaya pendidikan yang mahal; memperkaya pihak-pihak tertentu; biaya yang dibayar tidak sebanding dengan sarana-prasarana yang diterima; biaya yang dibayar tidak sebanding dengan kualitas lulusan suatu lembaga pendidikan formal-informal; Menimbulkan kesenjangan sosial kelompok orang-orang kaya dan kelompok orang-orang miskin; Tanpa adanya alternatif lain untuk mengimbangi akan menyebabkan kompetisi untuk memperoleh pendidikan di lembaga pendidikan terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri. Ada dua solusi dalam komersialisasi: Pertama, sistemik, yakni solusi dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Kedua, teknis, yakni solusi yang menyangkut hal-hal teknis yang berkait langsung dengan pendidikan.

Kata Kunci: pendidikan, kompetitif, propit.

Abstract: This article reviews the commercialization of education in Indonesia. The term commercialization of education can be used in two different ways. Educational institutions that have good programs and infrastructure, with expensive educational costs so that they can only be enjoyed by the economically well-off. Then, educational institutions that only pay attention to the withdrawal of expensive tuition fees, but do not pay attention to improving the quality of education. The first commercialization is based on the objective need of the institution to develop a quality educational process, while the second is based on the greed of education managers. The causes of the commercialization of education include: Political, cultural, economic, social, and technological. The commercialization of education will also have an impact: the lower classes of society are unable to realize their desires due to the high cost of education; enrich certain parties; the fees paid are not commensurate with the facilities received; the fees paid are not commensurate with the quality of graduates of a formal-informal educational institution; Create social inequality groups of rich people and groups of poor people; Without any other alternative to compensate, it will cause competition to obtain education at well-known educational institutions both domestically and abroad. There are two solutions in commercialization: First, systemic, namely the solution by changing social systems related to the education system. Second, technical, namely solutions that involve technical matters directly related to education.

Downloads

Published

2023-02-02